Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sabtu, 18 September 2021. Kegiatan BI Corner Charity Program merupakan sebuah kegiatan sosial yang dilakukan oleh anggota internal BI Corner Study Club FEB UPN “VETERAN” Jakarta, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini berupa kegiatan amal dimana kami menggalang dana dan buku untuk diberikan kepada anak-anak Indonesia yang kurang mampu yang ada di pinggiran Jakarta. Buku yang diberikan dapat berupa buku bekas pakai yang masih layak ataupun buku baru. Kegiatan ini sukses diselesaikan dengan total anak penerima hasil donasi sebanyak 20 orang. Anak-anak penerima donasi itu sendiri berada di bawah komunitas sosial non-profit bernama “Gizi Untuk Negeri”. Komunitas ini membina anak-anak dalam rentang usia 5-12 tahun dalam hal akses edukasi dan peningkatan kesejahteraan. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk dapat meningkatkan minat membaca anak- anak Indonesia, membantu mereka yang kurang mampu agar dapat menambah wawasan melalui buku sebagai jendela dunia, serta memanfaatkan buku yang telah tak terbaca dari para donator agar dapat lebih bermanfaat.

Kegiatan ini diawali dengan publikasi penerimaan donasi yang kami bagikan melalui semua media sosial resmi BI Corner Study Club yang terbuka untuk masyarakat luas. Kami kemudian menutup penerimaan donasi di tanggal 18 Juli 2021. Oleh karena adanya pemberlakuan.

Pembatasan kegiatan masyarakat, kami terpaksa menunda pengantaran hasil donasi kepada adik- adik GUN sampai tanggal 18 September 2021. Pada hari pengantaran hasil donasi, segenap panitia telah berkumpul di titik yang sebelumnya sudah disepakati pada pukul 10.00. Kami kemudian disambut dengan baik oleh Bu Elsa selaku perwakilan dari adik-adik GUN yang membantu kami mendistribusikan hasil donasi dengan baik dan menyenangkan.

Sebelum pendistribusian hasil donasi dimulai, segenap panitia sebelumnya menata satu persatu bingkisan yang akan dibagikan kepada adik-adik di dalam ruangan yang dipinjamkan Bu Elsa. Di dalam satu bungkus bingkisan isinya terdapat satu buah masker wajah berbahan kain yang dapat dipakai berulang, satu botol hand sanitizer, satu buah tumblr minuman, satu paket makanan ringan, dan satu paket alat tulis penunjang kegiatan pembelajaran mereka. Setelah semua siap serta adik-adik telah berkumpul semua, kami memulai acara. Pembukaan dilakukan dengan terlebih dahulu membaca do’a dan dilanjutkan sambutan oleh ketua BI Corner Study Club yang juga menambahkan sambutannya dengan edukasi singkat terkait Bank Indonesia sebagai bank sentral Indonesia. Setelahnya, dilanjutkan sambutan oleh ketua pelaksana BI Corner Charity Program 2021 dan barulah kami membagikan buku hasil donasi dan bingkisan kepada satu persatu anak yang hadir pada hari itu.

Setelah semua anak mendapatkan bagiannya masing-masing, acara dilanjutkan dengan persembahan nyanyian lagu yang dibawakan adik-adik GUN dengan kompak. Lalu, kami berbincang-bincang sejenak dengan seluruh adik-adik GUN dan juga Bu Elsa sampai waktu menunjukkan sudah pukul 15.00 dan kami memutuskan untuk segera berpamitan pulang. Tak lupa, selama kegiatan berlangsung kami selalu berusaha mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

Share :