Dalam rangka 24 tahun FEB UPNVJ, menyelenggarakan seminar nasional  dengan tema “Move on Competitive Advantage Indonesian”  dibuka oleh Menteri Perindustrian Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT sebagai keynote speech  yang menyatakan bahwa dalam lingkungan yang terus berubah, dipacu dengan teknologi komunikasi  dan informasi, inovasi dapat berkembang menjadi suatu yang bersifat disruptive innovation – sebuah inovasi yang dapat menciptakan pasar dan nilai yang baru serta berpotensi “mengganggu” stabilitas pasar dan nilai yang ada serta bahkan menggantikan pelaku yang telah ada sebelumnya.  Daya saing dalam era pasar bebas merupakan kapasitas bangsa dalam menghadapi tantangan persaingan pasar internasional melalui peningkatan kemampuan dalam menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat diterima di pasar internasional. Penciptaan daya saing sangat diperlukan untuk membangkitkan perekonomian bangsa, penciptaan daya saing ini dapat dilakukan dari segala sektor. Salah satunya melalui sektor industri. Posisi negara industri manufaktur dunia berdasarkan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) Tahun 2016, Indonesia berada di peringkat 10 berada diatas negara Inggris, Rusia, dan Meksiko. Posisi industri nasional di ASEAN peringkat 1 untuk pupuk urea dengan kapasitas 8,8 juta ton/tahun; kaca lembaran dengan kapasitas 1,4 juta ton/tahun; kelapa sawit dengan kapasitas 30 juta ton/tahun; dan kakao dengan kapasitas 800 ribu ton/tahun.

Narasumber seminar nasional tersebut terdiri dari berbagai elemen bangsa yang kompeten pada bidangnya masing-masing yaitu :

Nama Materi
Marsda. TNI. Dr. Usra Hendra Harahap, M.Si Disruptive Innovation:
Ancaman, Tantangan, dan Peluang Dalam Mewujudkan Stabilitas Nasional Yang Sehat Dan Dinamis.
Dr. Ir.  Bambang Adi Winarso, M.Sc., Ph.D. Paket Kebijakan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Dan Menjaga Momentum Perekonomian Indonesia
Buyung Zaelani, S.E., Ak Peranan BIN untuk Pembaharuan Daya Saing (Disruptive Innovation) bagi Kepentingan Nasional
Prof. Armanu Thoyib Adakah peran organisasi profesi?
Ir.  Arief Daryanto, DipAgEc, MEc, PhD “Disruptive Innovation:
Theories and Practices”
Dr. Prasetio Membangun Daya Saing BUMN

Seminar berjalan sangat interaktif yang dipandu oeh moderator Dr.Ivan Yulivan, SE, MM, M.Tr (Han) dengan peserta baik dari civitas akademika UPNVJ maupun dari berbagai universitas di Jabodetabek, instansi pemerintahan serta elemen masyarakat lainnya.

Output yang diharapkan dari seminar nasional ini akan tersusun gagasan-gagasan cemerlang untuk mencari solusi atas permasalahan bangsa serta semua komponen dapat mendukung pembangunan bangsa melalui penciptaan daya saing.